Sistem Pendidikan di Turki Paling Lengkap

Jika kamu ingin kuliah di Turki, maka ada baiknya kamu tahu tentang sistem pendidikan di Turki. Secara garis besar sistem pendidikan di Turki tidak jauh berbeda dengan sistem pendidikan di Indonesia. Hanya saja dalam pendidikan dasar dan menengah ada sedikit perbedaan dalam pembagian waktu pendidikan.

Sistem Pendidikan di Turki

Pendidikan Dasar dan Menengah

Pendidikan Dasar (İlköğretim) atau SD/İlk Okulu di Republik Turki ditempuh dalam kurun waktu 4 (empat) tahun. Kemudian dilanjutkan dengan Pendidikan Menengah (Ortaöğretim) yang terdiri atas SMP (Orta Okulu) selama 4 (empat) tahun dan SMA (Lise) juga selama 4 (empat) tahun. Sehingga jumlah waktu yang ditempuh untuk menyelesaikan pendidikan dasar dan menengah adalah 12 tahun. Jangka waktu ini sama dengan di Indonesia, hanya saja di Indonesia SD 6 tahun, SMP 3 tahun dan SMA 3 tahun.

Pendidikan Tinggi

Adapun untuk pendidikan tinggi, Undergraduate Program (S1) biasanya ditempuh dalam waktu 8 (delapan) semester atau 4 (empat) tahun. Kecuali untuk program studi Kedokteran, Kedokteran Hewan, Kedokteran Gigi dan Farmasi yang tentunya sedikit lebih lama waktu tempuh studinya. Misalnya untuk jurusan Kedokteran memerlukan waktu 6 tahun, Kedokteran Gigi dan Farmasi memerlukan waktu 5 tahun. Namun demikian untuk Kedokteran statusnya disamakan dengan S2 sehingga bisa melanjutkan pendidikan spesialis.

Baca juga : 6 Alasan Kenapa Kamu Harus Kuliah di Turki

Untuk jenjang pendidikan Master (S2) yang ber-thesis biasanya ditempuh dalam waktu 2 (dua) tahun. Untuk jurusan master yang tidak ber-thesis biasanya dapat selesai dalam waktu 1.5 (satu setengah) tahun. Sedangkan untuk Doktora (S3) bisanya dapat ditempuh dalam waktu 4 (empat) tahun.

Perbedaan program Master thesis dengan non thesis adalah biasanya program thesis diambil oleh orang-orang yang nanti akan menjadi akademisi, seperti dosen, peneliti, atau akan melanjutkan pendidikan ke jenjang S3. Sementara untuk program non thesis biasanya diikuti oleh orang yang ingin meningkatkan kualitas dan juga kompetensi di bidangnya. Di akhir kuliah, program non thesis tidak ada thesis, melainkan hanya tugas akhir berupa project sesuai dengan jurusan yang diampuh.

Demikian sekelumit sistem pendidikan di Turki. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.