Segala Hal Tentang Belajar di Turki

Belajar di Turki

Selain menjadi tujuan wisata populer, peningkatan pesat dalam kualitas pendidikan tinggi menjadikan Turki sebagai tempat yang sempurna bagi siswa internasional. Negara ini memiliki banyak hubungan internasional, dan lokasinya menjadikannya penghubung antara Asia dan Eropa.

Kenapa Kuliah di Turki?

Lebih dari 125.000 siswa internasional memilih untuk belajar di Turki pada tahun akademik 2017/2018. Pemerintah Turki ingin meningkatkan jumlah ini, yang bertujuan untuk menarik 350.000 siswa internasional selama beberapa tahun ke depan. Universitas Turki menawarkan siswa kesempatan untuk mendapatkan pengalaman pendidikan tinggi yang unik. Terdapat 183 perguruan tinggi di Turki, 109 di antaranya adalah perguruan tinggi negeri, dengan 74 sisanya adalah lembaga swasta nirlaba. Anda dapat memperoleh gelar sarjana, magister, dan doktoral.

Meskipun sistem pendidikan tinggi Turki menjadi salah satu yang termuda di dunia, sistem tersebut telah mendapatkan reputasi yang baik di seluruh dunia. Ada 2 universitas Turki di 500 teratas Peringkat Universitas Dunia QS 2019. Peringkat tertinggi adalah Universitas Koç, yang ditempatkan di peringkat 448. Peringkat tertinggi berikutnya adalah Universitas Bilkent, yang ditempatkan di posisi 456. Ada lagi 8 universitas Turki di posisi 1000 teratas.

Tentang Turki

Terletak di beberapa benua, termasuk Eurasia, Timur Tengah, Asia Barat, Semenanjung Balkan, dan Eropa Tenggara, Turki adalah rumah bagi lebih dari 80,8 juta orang. Negara ini berbagi perbatasan darat dengan 8 negara: Yunani, Bulgaria, Georgia, Armenia, Nakhchivan, Iran, Irak dan Suriah. Negara ini juga terletak di tiga laut yang berbeda, Laut Aegea, Laut Hitam dan Laut Mediterania.

Turki memiliki sejarah yang panjang dan rumit, dengan banyak invasi dan pendudukan selama bertahun-tahun. Turki terus mengalami turbulensi di dunia politik, tetapi masih menjadi pilihan yang cocok untuk setiap siswa. Budayanya sangat beragam, dengan negara yang membuka diri ke dunia barat, tetapi tetap mempertahankan nilai-nilai tradisionalnya. Anda juga akan melihat pengaruh dari budaya Anatolia dan Ottoman di Turki.

Biaya Kuliah dan Biaya Hidup di Turki

Turki menggunakan Lira Turki (TRY) sebagai mata uangnya.

Biaya kuliah yang Anda bayarkan akan bergantung pada tempat Anda memilih untuk belajar, dan dalam bahasa apa. Program gelar yang ditawarkan dalam bahasa Turki cenderung lebih murah daripada yang ditawarkan dalam bahasa Inggris. Perguruan tinggi swasta juga akan lebih mahal dari pada perguruan tinggi negeri. Rata-rata, Anda harus membayar antara TRY 1.600 sampai TRY 9.000 per tahun untuk mendapatkan gelar di universitas negeri. Universitas swasta diizinkan untuk menetapkan biaya mereka sendiri, dan rata-rata mengenakan biaya hingga TRY 110.000 per tahun. Ada beberapa beasiswa yang tersedia untuk pelajar internasional, beberapa di antaranya termasuk keringanan biaya sekolah, tunjangan bulanan, dan perlindungan asuransi kesehatan.

Biaya hidup Anda akan bergantung pada tempat tinggal Anda. Kota-kota besar akan lebih mahal daripada kota-kota kecil. Rata-rata, Anda harus menganggarkan antara TRY 2.000 sampai TRY 2.700 per bulan. Biaya ini termasuk akomodasi, bahan makanan, dan perjalanan Anda. Selain biaya hidup, Anda juga harus menganggarkan antara TRY 500 sampai TRY 800 per semester untuk buku dan biaya administrasi potensial. Biaya lain yang perlu dipertimbangkan mahasiswa adalah asuransi kesehatan. Anda harus mendaftar di Lembaga Jaminan Sosial Turki (SGK), atau memastikan bahwa Anda memiliki polis asuransi kesehatan yang valid selama masa studi Anda. Untuk panduan, hubungi institusi Anda.

Visa

Jika Anda ingin belajar di Turki, Anda perlu mendapatkan visa pelajar. Proses ini dapat dilakukan di konsulat atau kedutaan Turki di negara asal Anda sebelum tiba di Turki. Ketika Anda telah diberikan visa, Anda akan dapat mendaftar sebagai pelajar, serta dapat menerima izin tinggal. Permohonan izin tinggal Anda harus diselesaikan dalam waktu satu bulan setelah Anda tiba di negara itu, dan dapat diselesaikan di markas besar polisi setempat. Untuk melakukan ini, Anda harus memberikan bukti pendaftaran Anda di universitas Turki, Anda juga perlu memberikan paspor, visa pelajar Turki, foto-foto, dan uang untuk biaya Anda. Untuk informasi tentang proses aplikasi visa, Anda dapat menghubungi institusi Anda.

Bahasa

Bahasa resmi Turki adalah bahasa Turki. Ada beberapa bahasa lain yang akan Anda dengar diucapkan di seluruh negeri: antara lain Kurmanji, Arab, Zaza, Kabardian.

Gelar-gelar di Turki ditawarkan dalam bahasa Turki dan Inggris. Jika Anda memilih untuk belajar dalam bahasa bukan asli, Anda akan diminta untuk memberikan sertifikat kemampuan bahasa. Jika Anda tidak memenuhi standar yang disyaratkan, Anda dapat mengambil kursus bahasa untuk membantu Anda menjadi lebih baik.

Meskipun Anda dapat belajar dalam bahasa Inggris, Anda harus berusaha untuk belajar bahasa Turki sebanyak mungkin. Berkomunikasi dengan penduduk setempat dan siswa lain adalah cara sempurna untuk berlatih. Keterampilan ini tidak hanya akan membuat kehidupan sehari-hari Anda lebih mudah, tetapi juga akan terlihat bagus di CV / resume Anda!

Kota Besar

Ankara

Ibu kota Turki, Ankara adalah rumah bagi lebih dari 5,4 juta orang. Dikenal secara historis sebagai Ancyra dan Angora, kota ini telah menjadi ibu kota Turki sejak 1923. Selain sebagai pusat pemerintahan negara, kota ini juga memainkan peran penting dalam sektor komersial dan industri. Ada banyak atraksi budaya di kota ini, termasuk museum, teater, dan galeri seni.

Di kota Ankara ada beberapa universitas. Termasuk di dalamnya adalah Universitas Ankara, yang merupakan universitas pertama yang didirikan setelah pembentukan Republik Turki, didirikan pada tahun 1946. Universitas ini memiliki banyak fakultas, menawarkan pendidikan dalam berbagai bidang studi. Anda juga akan menemukan institusi seperti Universitas Bilkent, Universitas Ekonomi dan Teknologi TOBB dan Universitas Teknik Timur Tengah di Ankara.

Istanbul

Kota terbesar di Turki, Istanbul adalah rumah bagi lebih dari 15 juta orang. Sepanjang sejarah, kota ini dikenal sebagai Byzantium dan Konstantinopel. Karena lokasinya di Jalur Sutra yang terkenal secara historis dan satu-satunya rute laut antara Laut Hitam dan Laut Mediterania, Istanbul selalu menjadi kota industri yang penting, serta menarik populasi kosmopolitan. Pusat kota bersejarah adalah Situs Warisan Dunia UNESCO, dan pusat budayanya dapat ditemukan di kawasan pelabuhan Golden Horn.

Ada beberapa institusi pendidikan tinggi di Istanbul, baik negeri maupun swasta. Universitas Istanbul adalah lembaga tertua di kota, dan didirikan pada tahun 1453. Hampir 100.000 siswa mendaftar setiap tahun di universitas negeri ini. Juga terletak di kota ini adalah Istanbul Technical University, yang merupakan universitas tertua ketiga di dunia yang berspesialisasi dalam ilmu teknik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.